Kegiatan Pembelajaran
Nama Sekolah
: Kejarcita
Tema/Bab
: 8/Praja Muda Karana
Subtema
: 2. Aku Anak Mandiri
Muatan Terpadu
: Bahasa Indonesia, Seni Budaya, Matematika
Kelas/Semester
: 3/1
Alokasi Waktu
: 6 JP
Metode pembelajaran
:
-
Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mengidentifikasi jenis lambang/simbol pramuka secara tepat melalui diskusi kelompok.
- Siswa mampu menceritakan makna lambang/simbol pramuka secara tepat melalui unjuk kerja.
- Siswa mampu mengidentifikasi macam-macam bangun datar melalui gambar dan benda-benda di lingkungan sehari-hari secara tepat melalui tes tertulis.
- Siswa mampu mempraktekkan kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki dan kepala dalam tarian dengan benar melalui unjuk kerja.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
- Guru membuka kelas dengan salam, menanyakan kabar dan menunjuk siswa untuk memimpin doa bersama.
- Pengkondisian kelas dilakukan dengan yel-yel kelas.
- Guru merefleksi kembali materi yang diajarkan sebelumnya.
- Guru menjelaskan apa yang akan dipelajari pada pertemuan ini.
Kegiatan Inti
- Siswa mendiskusikan teks kemandirian dan kelengkapan seragam pramuka dan menyebutkan jenis lambang/simbol pramuka (Berpikir kritis).
- Siswa mendiskusikan perbedaan seragam biasa dan seragam pramuka serta menceritakan maknanya di depan kelas (Berpikir kritis).
- Siswa mengamati dan menyebutkan bentuk bangun datar yang ditemukan dalam atribut seragam pramuka (HOTS)
- Siswa membaca teks tentang lambang gerakan pramuka dan menari dengan tempurung kelapa sesuai dengan kombinasi gerak kuat badan (Kreatif).
Penutup
- Guru melakukan refleksi (tanya jawab) terkait Tema 8 Subtema 2.
- Guru memberi apresiasi pada siswa dan penguatan.
- Kelas ditutup dengan doa dan salam penutup.
Penilaian Sikap
- Observasi sikap percaya diri saat praktik menari dan bercerita kembali
- Observasi sikap santun saat berdiskusi.
- Observasi jujur saat mengerjakan tes tertulis.
Penilaian Pengetahuan
- Tes tertulis 10 soal tentang jenis lambang/simbol pramuka
- Tes tertulis 10 soal tentang membedakan bentuk bangun datar.
Penilaian Keterampilan
- Terampil menceritakan kembali makna simbol pramuka
- Terampil menari sesuai kombinasi gerak kuat badan.