Kegiatan Pembelajaran
Nama Sekolah
: Kejarcita
Tema/Bab
: 2/Berhemat Energi
Subtema
: 2. Sumber Energi
Muatan Terpadu
: Bahasa Indonesia, IPS, IPA
Kelas/Semester
: 4/1
Alokasi Waktu
: 6 JP
Metode pembelajaran
:
-
Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu menghubungkan gagasan antara teks dan gambar dengan tepat melalui diskusi kelompok.
- Siswa mampu menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat melalui percobaan sederhana dan menyajikannya dalam laporan hasil pengamatan.
- Siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam secara tepat melalui diskusi kelompok dan menyajikannya melalui peta konsep sederhana.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
- Guru membuka kelas dengan salam, menanyakan kabar dan menunjuk siswa untuk memimpin doa bersama.
- Pengkondisian kelas dilakukan dengan yel-yel.
- Guru merefleksi kembali materi yang diajarkan sebelumnya.
- Guru menjelaskan apa yang akan dipelajari pada pertemuan ini.
Kegiatan Inti
- Siswa mengamati teks dan gambar tentang sumber energi matahari, mengaitkan gagasan teks dan gambar kemudian mempresentasikannya secara berkelompok. (Berpikir kritis)
- Siswa diminta untuk membuat percobaan penguapan zat cair oleh energi matahari dan menuliskannya dalam laporan pengamatan (Berpikir kritis).
- Siswa diminta untuk mencari tahu pemanfaatan sumber daya alam dari bacaan anak di perpustakaan kemudian melalui diskusi kelompok, mereka mengumpulkan informasi dan menjadikannya peta konsep sederhana (Kritis, kreatif).
Penutup
- Guru melakukan refleksi (tanya jawab) terkait Tema 2 Subtema 1.
- Guru memberi apresiasi pada siswa dan penguatan.
- Kelas ditutup dengan doa dan salam penutup.
Penilaian Sikap
- Observasi sikap percaya diri dan berani saat presentasi
- Observasi sikap santun saat berdiskusi
- Observasi sifat bekerja sama saat melakukan percobaan dalam kelompok.
Penilaian Pengetahuan
- Tes tulis 5 soal tentang sumber energi
- Tes tertulis 5 soal tentang pemanfaatan energi.
Penilaian Keterampilan
- Terampil mempresentasikan hasil kerja kelompok
- Terampil menulis laporan pengamatan
- Terampil dalam membuat peta konsep tentang pemanfaatan energi.