kejarcita-logo

Kegiatan Pembelajaran

Nama Sekolah
: Kejarcita
Tema/Bab
: 2/Berhemat Energi
Subtema
: 2. Sumber Energi
Muatan Terpadu
: Bahasa Indonesia, IPS, IPA
Kelas/Semester
: 4/1
Alokasi Waktu
: 6 JP
Metode pembelajaran
: -
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mampu menghubungkan gagasan antara teks dan gambar dengan tepat melalui diskusi kelompok.  
  2. Siswa mampu menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat melalui percobaan sederhana dan menyajikannya dalam laporan hasil pengamatan.   
  3. Siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam secara tepat melalui diskusi kelompok dan menyajikannya melalui peta konsep sederhana.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan
  1. Guru membuka kelas dengan salam, menanyakan kabar dan menunjuk siswa untuk memimpin doa bersama. 
  2. Pengkondisian kelas dilakukan dengan yel-yel.  
  3. Guru merefleksi kembali materi yang diajarkan sebelumnya. 
  4. Guru menjelaskan apa yang akan dipelajari pada pertemuan ini.
Kegiatan Inti
  1. Siswa mengamati teks dan gambar tentang sumber energi matahari, mengaitkan gagasan teks dan gambar kemudian mempresentasikannya secara berkelompok.  (Berpikir kritis)
  2. Siswa diminta untuk membuat percobaan penguapan zat cair oleh energi matahari dan menuliskannya dalam laporan pengamatan (Berpikir kritis).
  3. Siswa diminta untuk mencari tahu pemanfaatan sumber daya alam dari bacaan anak di perpustakaan kemudian melalui diskusi kelompok, mereka mengumpulkan informasi dan menjadikannya peta konsep sederhana (Kritis, kreatif).
Penutup
  1. Guru melakukan refleksi (tanya jawab) terkait Tema 2 Subtema 1. 
  2. Guru memberi apresiasi pada siswa dan penguatan.
  3. Kelas ditutup dengan doa dan salam penutup.
Penilaian Sikap
  1. Observasi sikap percaya diri dan berani saat presentasi
  2. Observasi sikap santun saat berdiskusi
  3. Observasi sifat bekerja sama saat melakukan percobaan dalam kelompok.
Penilaian Pengetahuan
  1. Tes tulis 5 soal tentang sumber energi
  2. Tes tertulis 5 soal tentang pemanfaatan energi.
Penilaian Keterampilan
  1. Terampil mempresentasikan hasil kerja kelompok
  2. Terampil menulis laporan pengamatan 
  3. Terampil dalam membuat peta konsep tentang pemanfaatan energi.