Kegiatan Pembelajaran
Melalui penayangan video dan kajian literatur berupa bahan bacaan :
- Siswa mampu mengidentifikasi berbagai ancaman disintegrasi bangsa dengan tepat.
- Siswa mampu mengolah informasi tentang berbagai ancaman disintegrasi bangsa dan upaya menghadapinya dengan tepat.
- Siswa mampu menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa seperti PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI dengan tepat.
- Siswa mampu menjelaskan konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan sistem pemerintahan dengan tepat.
- Siswa mampu menjelaskan peran tokoh nasional dan daerah dalam menghadapi ancaman disintegrasi dengan tepat.
- Siswa mampu mengklasifikasikan tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965 dengan tepat.
- Siswa mampu menjelaskan peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965 dengan tepat.
Kegiatan Pembelajaran
- Guru mengucapkan salam kepada siswa saat memasuki ruang kelas.
- Guru melakukan pengelolaan kelas dan memeriksa absensi siswa.
- Apersepsi dan motivasi untuk memfokuskan siswa dalam mengikuti pelajaran.
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
- Guru menyampaikan garis besar materi pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan.
- Guru menuliskan topik mengenai perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan integrasi bangsa & negara RI di depan kelas serta menayangkan video terkait materi.
- Siswa dibagi secara berpasangan.
- Siswa diberikan wacana berupa bahan bacaan mengenai topik seputar perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan integrasi bangsa & negara RI untuk dibaca dan dibuat ringkasan.
Sub topik yang akan dibahas :
- berbagai ancaman disintegrasi bangsa dan upaya menghadapinya
- upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa seperti PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
- konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan sistem pemerintahan
- peran tokoh nasional dan daerah dalam menghadapi ancaman disintegrasi
- tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965
- peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965
4.Setelah itu guru dan siswa menetapkan siapa siswa yang berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
5.Tugas dari siswa yang berperan sebagai pembicara membacakan ringkasan yang telah dibuat seringkas mungkin dengan memasukkan ide ide pokok dalam ringkasannya
Tugas dari pendengar adalah
- menyimak atau mengkoreksi apa yang disampaikan oleh pembicara dengan salah satunya menunjukkan ide yang belum lengkap
- membantu mengingat atau menghafal ide-ide yang telah disampaikan dengan menghubungkan materi sebelumnya dengan materi lainnya
6.Tahap selanjutnya siswa diarahkan untuk bertukar peran dan melakukan hal yang sama dengan sebaliknya tadi
7.Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait materi perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan integrasi bangsa & negara RI
- Siswa dengan bimbingan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran pada pertemuan ini.
- Guru dan siswa menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.
Guru melakukan penilaian observasi ketika diskusi berpasangan terhadap sikap saling menghormati dan menghargai mengenai penjelasan teman yang berbeda.
Guru menguji siswa berupa tes essay dan teka teki mengenai materi perjuangan bangsa dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa.
Guru meminta siswa secara kelompok untuk membuat sebuah karya tulis tentang peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965.