Contoh Soal

Teks Deskripsi – Bahasa Indonesia SMP

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Teks yang menggambarkan keadaan, bentuk atau suasana tertentu adalah ....

    A

    teks deskripsi

    B

    teks narasi

    C

    teks prosedur

    D

    teks laporan

    Pembahasan:

    Teks deskripsi merupakan salah satu teks yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu secara hidup, misalnya keadaan alam, ruangan dan deskripsi tentang seseorang. Jadi, dapat dikatakan bahwa teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan keadaan, bentuk atau suasana tertentu, misalnya benda, orang dan tempat sesuai dengan objek sebenarnya.

    Jadi, teks yang menggambarkan keadaan, bentuk atau suasana tertentu adalah teks deskripsi.


    *Teks narasi → sebuah karya tulis yang dibangun menggunakan alur/jalan cerita yang normal.

    *Teks prosedur → teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan untuk melakukan sesuatu.

    *Teks laporan → teks yang berupa penjabaran umum melaporkan sesuatu.

    2.

    Perhatikan teks berikut!

    Candi Mendut adalah salah satu bangunan peninggalan sejarah yang dibangun pada 824 M. Candi yang bercorak Buddha ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi Mendut dibangun hanya dengan bahan batu bata yang dilapisi oleh batu alam. Dinding-dinding candi dipenuhi ukiran yang menunjukkan gambar dewa-dewa dan gambar binatang. Selain itu, bangunan candi juga dikelilingi oleh lorong dan atapnya bertingkat tiga dengan hiasan stupa-stupa kecil. Stupa-stupa kecil ini berjumlah 48 buah. Sedangkan, tinggi bangunan candi adalah 26,4 meter. Candi Mendut sungguh memiliki nilai estetika yang tinggi.

    (Sumber: wikipedia.org dengan penyesuaian)

    Kata yang dicetak tebal pada teks di atas memiliki makna terdekat dengan kata ....

    A

    relief

    B

    arca

    C

    stupa

    D

    motif

    Pembahasan:

    Kata ukiran memiliki makna yang dekat dengan kata relief. Walaupun kata relief lebih ditujukan untuk ukiran tiga dimensi, di dalam KBBI sendiri ukiran diartikan sebagai relief.

    Jadi jawaban yang tepat untuk makna terdekat dari kata ukiran adalah relief.

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Perhatikan teks berikut ini!

    Tomini Bay, warisan Ibu Pertiwi bagi Sulawesi. Airnya tampak biru menyiratkan bahari yang begitu asri. Nyiur pun melambai-lambai diterpa sang bayu. Suasana tropis yang eksotis begitu terasa, sebab tak jauh dari khatulistiwa. Debur ombak terdengar begitu ramai, bergulung, terbentur karang kemudian pecah menyisakan buih yang putih. Mega berjalan pelan menaungi bahari. Sesekali camar-camar mengepakkan sayap beterbangan ke sana kemari. Ikan-ikan tampak asyik berenang di balik karang. Mereka adalah kekayaan, mereka adalah sumber penghidupan. Begitulah Tomini Bay, kekayaan bahari warisan Ibu Pertiwi.

    Apa tujuan penulisan teks deskripsi di atas?

    A

    Agar pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan suasana pantai Tomini Bay yang asri.

    B

    Agar pembaca dapat merasakan hembusan angin di pantai Tomini Bay.

    C

    Agar pembaca dapat mendengar deburan ombak di pantai Tomini Bay.

    D

    Agar pembaca dapat melihat burung camar di pantai Tomini Bay.

    Pembahasan:

    Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek dengan sejelas-jelasnya. Tujuan dari teks deskripsi adalah agar pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan objek tersebut dengan nyata.

    Jadi, tujuan teks deskripsi tersebut adalah agar pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan suasana pantai Tomini Bay yang asri.

    4.

    Perhatikan teks deskripsi berikut!

    Harta yang paling berharga adalah keluarga. Begitulah, bunyi lirik lagu yang mansyur, menggambarkan keluarga bak harta yang tak ternilai harganya. Aku pun merasakan demikian. Keluarga begitu berharga bagiku. Sebab keluargaku adalah keluarga yang hangat. Ayah dan ibu adalah sosok penyayang. Tak heran, kami, anak-anaknya juga tumbuh menjadi pribadi penyayang. Ayah dan ibu senantiasa mengajarkan cara bertutur yang lembut dan sopan. Namun keduanya juga mengajarkan kami untuk bersikap tegas. Ya, tegas bukan kasar.

    Kami tidak mengenal kata caci maki atau kata-kata kasar di keluarga kami. Bahkan ayah dan ibu tidak pernah membentak kami sekali pun. Namun bukan berarti kami tidak pernah berbuat salah. Ketika kami berbuat salah, ayah atau ibu akan segera menegur. Jika kami melakukan kesalahan berulang, barulah kami mendapat hukuman. Tentu hukuman yang diberikan bukan bentuk hukuman yang menyakitkan seperti pukulan atau mengurung di dalam kamar. Hukuman yang diberikan ayah dan ibu lebih pada sikap mendisiplinkan agar kami menjadi anak yang lebih baik.

    Selain ayah dan ibu, di keluargaku juga ada kakek yang tinggal bersama kami. Kakek adalah orang yang sangat bijak. Kakek sangat suka bercerita dan mendongeng. Aku selalu antusias mendengarkan kakek bercerita, khususnya tentang kisah kakek di waktu kecil. Kini rambut kakek sudah memutih dan wajah yang keriput terlihat teduh dengan senyumnya yang ramah.

    Selanjutnya di keluargaku, aku memiliki seorang kakak perempuan yang duduk di bangku SMA dan seorang adik laki-laki yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Aku sendiri masih duduk di bangku SMP kelas tujuh. Sebagai satu-satunya anak perempuan di keluarga kami, kakak perempuanku sangat lembut, mirip sekali dengan ibu. Sementara adik laki-lakiku walaupun ia anak bungsu dan paling kecil di keluarga kami, ia tidak manja. Aku sangat menyayangi keluargaku karena mereka adalah harta yang paling berharga bagiku.

    Deskripsi yang menunjukan karakter ayah ibu yang lembut adalah ...

    A

    Sebab keluargaku adalah keluarga yang hangat.

    B

    Ayah dan ibu juga senantiasa mengajarkan cara bertutur yang lembut dan sopan.

    C

    Kami tidak mengenal kata caci maki atau kata-kata kasar di keluarga kami.

    D

    Jika kami melakukan kesalahan berulang, barulah kami medapat hukuman.

    Pembahasan:

    Teks deskripsi adalah sebuah teks yang menggambarkan suatu objek sejelas-jelasnya. Tujuan teks deskripsi adalah agar pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek dengan nyata.

    Untuk menentukan isi dari teks deskripsi harus membaca teks dengan cermat. Pada teks deskripsi di atas, anggota keluarga digambarkan berdasarkan karakter masing-masing. Pada paragraf pertama dijelaskan sosok ayah dan ibu.

    Harta yang paling berharga adalah keluarga. Begitulah, bunyi lirik lagu yang mansyur, menggambarkan keluarga bak harta yang tak ternilai harganya. Aku pun merasakan demikian. Keluarga begitu berharga bagiku. Sebab keluargaku adalah keluarga yang hangat. Ayah dan ibu adalah sosok penyayang. Tak heran, kami, anak-anaknya juga tumbuh menjadi pribadi penyayang. Ayah dan ibu juga senantiasa mengajarkan cara bertutur yang lembut dan sopan. Namun keduanya juga mengajarkan kami untuk bersikap tegas. Ya, tegas bukan kasar.

    Kalimat yang dicetak tebal di atas menunjukkan bahwa karakter ayah dan ibu adalah lembut.

    Jadi, deskripsi yang menunjukkan karakter ayah dan ibu yang lembut adalah

    Ayah dan ibu juga senantiasa mengajarkan cara bertutur yang lembut dan sopan.

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Penulisan kata berimbuhan me- yang tidak tepat adalah ….

    A

    mentata

    B

    menulis

    C

    membangun

    D

    mencatat

    Pembahasan:

    Penulisan kata berimbuhan me- yang tidak tepat adalah mentata.

    Kata mentata berasal dari kata tata yang mendapat awalan me-. Kata tata berawalan huruf t. Huruf t luluh jika diberi awalan me-. Oleh karena itu, bentuk kata yang tepat adalah menata.

    6.

    Perhatikan langkah-langkah berikut!

    1. Mengumpulkan data atau segala informasi tentang suku Tengger.
    2. Menelaah kalimat menjadi paragraf pembuka (deskripsi umum) dan paragraf deskripsi bagian.
    3. Menulis teks deskripsi dengan menggambarkan suku Tengger secara rinci.
    4. Menyusun kerangka bagian-bagian yang akan digambarkan dari suku Tengger.
    5. Menentukan suku Tengger sebagai objek yang akan dideskripsikan.

    Susunan langkah-langkah yang tepat dalam menulis teks deskripsi tentang suku Tengger adalah ....

    A

    5-2-1-4-3

    B

    5-1-4-2-3

    C

    5-4-1-2-3

    D

    5-4-1-3-2

    Pembahasan:

    Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek dengan rinci seolah-olah pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan objek tersebut dengan nyata. Langkah-langkah menyusun teks deskripsi adalah sebagai berikut:

    1.  Menentukan objek yang akan dideskripsikan

    2.  Membuat kerangka bagian-bagian objek yang akan dideskripsikan

    3.  Mengumpulkan data tentang objek yang akan dideskripsikan

    4.  Menelaah kalimat menjadi paragraf pembuka atau deskripsi umum dan deskripsi bagian

    5.  Menulis teks dengan menggambarkna objek secara rinci seolah-olah pembaca dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek dengan nyata.

    Sehingga, untuk menulis teks deskripsi tentang suku Tengger dilakukan langkah-langkah berikut:

    1. Menentukan suku Tengger sebagai objek yang akan dideskripsikan (5).
    2. Menyusun kerangka bagian-bagian yang akan digambarkan dari suku Tengger (4).
    3. Mengumpulkan data atau segala informasi tentang suku Tengger (1).
    4. Menelaah kalimat menjadi paragraf pembuka (deskripsi umum) dan paragraf deskripsi bagian (2).
    5. Menulis teks deskripisi dengan menggambarkan suku Tengger secara rinci (3).

    Jadi jawaban yang tepat adalah 5-4-1-2-3.

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Ayahku orang yang sabar. Beliau tidak pernah memarahiku ketika aku berbuat kesalahan. Sebaliknya, beliau menasihatiku agar aku tidak mengulangi tingkah lakuku yang buruk. Aku sangat sayang pada ayahku.

    Kalimat utama teks deskripsi tersebut terdapat pada kalimat ....

    A

    kesatu

    B

    kedua

    C

    ketiga

    D

    keempat

    Pembahasan:

    Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok yang menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf. Kalimat utama teks deskripsi tersebut terdapat pada kalimat pertama. Kalimat pertama berisi objek yang dideskripsikan yaitu ayah sebagai orang yang sabar. Kalimat-kalimat selanjutnya menjelaskan sabarnya sosok ayah dan sayangnya tokoh "aku" pada ayah.

    8.

    Hal itu menjadikan mangsanya tidak punya kesempatan kabur dari sergapannya.

    Preposisi yang terdapat pada kalimat tersebut adalah ….

    A

    hal

    B

    itu

    C

    tidak

    D

    dari

    Pembahasan:

    Preposisi atau kata depan adalah kata yang biasa muncul sebelum kata benda. Contoh preposisi adalah di, ke, dari, dan kepada.

    Yang termasuk preposisi pada kalimat Hal itu menjadikan mangsanya tidak punya kesempatan kabur dari sergapannya adalah dari.

    *hal termasuk kata benda.

    *itu termasuk kata ganti.

    *tidak termasuk kata keterangan.

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Perhatikan gambar berikut!

    (Sumber gambar: atlantis0815/pixabay.com)

    Teks deskripsi yang tepat untuk gambar di atas adalah ...

    A

    Laut menjadi penyeimbang kehidupan di bumi. Pentingnya laut karena laut merupakan muara dari berbagai aliran air yang mengalir dari hulu (pegunungan) ke hilir (laut). Laut juga menyimpan berbagai kekayaan seperti makhluk laut yang beragam. Selain makhluk hidup di dalamnya, laut menjadi sumber kekayaan yang sangat berharga karena laut memiliki potensi menyimpan minyak bumi. Oleh karena itu, laut sangat penting bagi manusia.

    B

    Laut disebut juga dengan bahari. Laut sangat indah. Karena keindahannya, laut dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Tidak sedikit orang yang menggunakan laut untuk kepentingan rekreasi. Biasanya para wisatawan suka berselancar atau menyelam. Menikmati rekreasi yang menantang adrenalin dengan bermain ombak yang cukup besar menjadi kegemaran tersendiri. Menyelami indahnya bawah laut juga menjadi pilihan yang tidak kalah menarik.

    C

    Laut tampak biru jika dipandang dari atas. Namun laut terlihat gelap jika diselami lebih dalam. Sebab, cahaya hanya dapat menembus ke kedalaman tertentu. Semakin dalam laut, maka akan semakin gelap. Laut adalah tempat tinggal bagi berbagai macam makhluk laut. Di bawah laut dapat ditemukan berbagai macam ikan dengan warna dan bentuk yang beragam. Ikan-ikan itu berenang di antara terumbu karang. Selain ikan, ada pula kura-kura dan bintang laut. Pemandangan bawah laut memang sangat indah.

    D

    Laut adalah tempat tinggal berbagai macam biota laut. Laut merupakan salah satu ekosistem. Ekosistem laut disebut juga dengan ekosistem bahari. Dalam suatu ekosistem, tentu terdapat timbal balik antar mahluk hidup di dalamnya. Laut memiliki banyak manfaat, termasuk untuk manusia. Manuisa juga ada yang bergantung hidup dari hasil laut, seperti nelayan. Air laut mengalamai pasang dan surut. Hal ini dimanfaatkan oleh nelayan untuk berlayar mencari ikan.

    Pembahasan:

    Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek dengan jelas seakan-akan pembaca dapat mendengar, melihat, mencium, dan merasakan objek tersebut dengan nyata. Untuk menulis sebuah teks deskripsi, maka perlu ditentukan objeknya terlebih dahulu. Penggambaran yang sesuai untuk ilustrasi di atas adalah tentang pemandangan bawah laut. Sehingga, isi teks yang berkaitan atau berisi penggambaran suasana bawah laut adalah

    Laut tampak biru jika dipandang dari atas. Namun laut terlihat gelap jika diselami lebih dalam. Sebab, cahaya hanya dapat menembus ke kedalaman tertentu. Semakin dalam laut, maka akan semakin gelap. Laut adalah tempat tinggal bagi berbagai macam makhluk laut. Di bawah laut dapat ditemukan berbagai macam ikan dengan warna dan bentuk yang beragam. Ikan-ikan itu berenang di antara terumbu karang. Selain ikan, ada pula kura-kura dan bintang laut. Pemandangan bawah laut memang sangat indah.

    10.

    Perhatikan teks berikut!

    Sila membeli dua kilogram buah apel. apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah di timbang, Sila kemudian langsung memasukkannya kedalam keranjang belanjaannya. Sesampainya dirumah, Sila membuka keranjang belanjaannya dan mengeluarkan buah apel yang telah dibelinya. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah, dengan ukuran yang berbeda. Ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang membusuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

    Perbaikilah teks deskripsi di atas agar menjadi efektif!

    A

    Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah di timbang, Sila kemudian langsung memasukkannya kedalam keranjang belanjanya. Sesampainya dirumah, Sila membuka keranjang belanjanya dan mengeluarkan buah apel yang telah dibelinya. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah, dengan ukuran yang berbeda. Ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang membusuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

    B

    Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah ditimbang, Sila kemudian langsung memasukkannya kedalam keranjang belanjanya. Sesampainya di rumah, Sila membuka keranjang belanjanya dan mengeluarkan buah apel yang telah dibelinya. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah, dengan ukuran yang berbeda. Ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang membusuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

    C

    Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah ditimbang, Sila kemudian memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Sesampainya di rumah, Sila mengeluarkan buah apel yang telah ia beli. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah. Ukurannya pun berbeda, ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang busuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

    D

    Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah ditimbang, Sila kemudian langsung memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Sesampainya dirumah, Sila membuka keranjang belanjanya dan mengeluarkan buah apel yang telah ia beli. Jumlah buah apel yang ia beli ada sebelas buah. Ukurannyapun berbeda, ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang busuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

    Pembahasan:

    Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah kebahasaan yag benar. Kalimat efektif termasuk dalam kaidah tata kalimat. Untuk menyusun kalimat yang efektif, perlu menempatkan tanda baca dan penggunaan pilihan kata yang tepat. Perhatikan teks berikut!

    Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah ditimbang, Sila kemudian memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Sesampainya di rumah, Sila mengeluarkan buah apel yang telah ia beli. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah. Ukurannya pun berbeda, ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang busuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

    Perbaikan teks tersebut agar menjadi efektif, yaitu:

    • Kata "apel","A-nya" menggunakan huruf kapital.
    • "Di" pada "di timbang" digabung dengan kata yang mengikutinya menjadi "ditimbang", karena "di" sebagai imbuhan.
    • Memperbaiki kalimat, "Sila kemudian langsung memasukkannya kedalam keranjang belanjaannya" menjadi "Sila kemudian memasukkannya ke dalam keranjang belanja."
    • "Kedalam" harus dipisah menjadi "ke dalam."
    • Keranjang belanjaannya ditulis "keranjang belanja".
    • "Di" pada "dirumah", dipisah menjadi "di rumah" karena "di" sebagai kata depan.
    • Menyederhanakan kalimat, "Sila membuka keranjang belanjaannya dan mengeluarkan buah apel yang telah dibelinya" menjadi "Sila mengeluarkan buah apel yang telah ia beli.
    • Meletakkan tanda titik (.) setelah kata buah.
    • Memperbaiki kalimat, "dengan ukuran yang berbeda. Ada yang kecil, sedang, dan besar" menjadi "Ukurannya pun berbeda, ada yang kecil, sedang dan besar." (memperbaiki penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang sesuai).
    • Mengganti kata "membusuk" menjadi "busuk".

    Jadi jawaban yang tepat untuk memperbaiki teks tersebut menjadi efektif adalah

    Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah ditimbang, Sila kemudian memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Sesampainya di rumah, Sila mengeluarkan buah apel yang telah ia beli. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah. Ukurannya pun berbeda, ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang busuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis