Contoh Soal

Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan – Matematika SD

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Perhatikan garis bilangan dibawah ini!

    Kalimat matematika yang sesuai dengan gambar di atas adalah ...

    A

    4(4)=84-\left(-4\right)=8

    B

    44=8-4-4=-8

    C

    4+8=4-4+8=4

    D

    4+(8)=44+\left(-8\right)=-4

    Pembahasan:

    Perhatikan tanda panah dan arahnya!

    Kalimat matematikanya adalah :

    Tanda panah garis tebal ke arah kiri dari 0 ke 4-4 menunjukkan bilangan 4-4

    Tanda panah garis tebal ke arah kanan dari 4-4 ke 4 menunjukkan bilangan +8

    Hasilnya ditunjukkan tanda panah garis putus-putus dari 0 ke 4

    Jadi, 4+8=4-4+8=4

    2.

    Perhatikan garis bilangan dibawah ini!

    Kalimat matematika yang sesuai dengan gambar diatas adalah ...

    A

    3+(6)=33+\left(-6\right)=-3

    B

    3 + 6 = 3-3\ +\ 6\ =\ 3

    C

    3  3=6-3\ -\ 3=-6

    D

    3(3)=63-\left(-3\right)=6

    Pembahasan:

    Perhatikan tanda panah dalam gambar!

    Kalimat matematikanya adalah :

    Tanda panah garis tebal ke arah kiri dari 0 ke 3-3 menunjukkan bilangan 3-3

    Tanda panah garis tebal ke arah kanan dari 3-3 ke 3 menunjukkan bilangan +6

    Hasilnya ditunjukkan tanda panah garis putus-putus ke arah kanan dari 0 ke +3

    Jadi, 3+6=3-3+6=3

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Diketahui p bilangan bulat negatif dan q bilangan bulat negatif.

    Hasil penjumlahan p dan q berupa ...

    A

    bilangan nol

    B

    bilangan pecahan

    C

    bilangan bulat negatif

    D

    bilangan bulat positif

    Pembahasan:

    Untuk penjumlahan dan pengurangan yang harus diperhatikan adalah :

    • apabila tanda keduanya sama, maka hasil penjumlahan juga sama
    • apabila tanda keduanya berbeda, maka tanda hasil penjumlahan mengikuti tanda milik angka yang besar.


    p = bilangan bulat negatif dan q = bilangan bulat negatif

    Tanda keduanya sama yaitu negatif, maka tanda hasil penjumlahan juga sama

    Jadi hasil penjumlahan p dan q berupa bilangan bulat negatif

    4.

    Hasil dari 14+19-14+19 berupa ...

    A

    bilangan nol

    B

    bilangan bulat positif

    C

    bilangan bulat negatif

    D

    bilangan pecahan

    Pembahasan:

    INGAT!!

    Apabila penjumlahan tanda keduanya berbeda, maka hasil mengikuti tanda milik angka yang besar

    19 > 14 , dan tanda bilangan 19 adalah positif.

    Jadi hasil penjumlahannya adalah bilangan bulat positif

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Hasil dari -34 + 85 - (-14) adalah ....

    A

    -37

    B

    37

    C

    65

    D

    133

    Pembahasan:

    Aturan operasi hitung bilangan bulat:

    1. Penjumlahan (+) dan pengurangan (-) posisinya sederajat. Jika kedua tanda ini muncul dalam satu soal, maka pengerjaannya urut dari kiri ke kanan.
    2. Perkalian (×\times) dan pembagian (÷\div) posisinya sederajat. Jika kedua tanda ini muncul dalam satu soal, maka pengerjaannya urut dari kiri ke kanan.
    3. Perkalian (×\times) dan pembagian (÷\div) posisinya lebih kuat daripada penjumlahan (+) dan pengurangan (-). Pengerjaan dimulai dari perkalian atau pembagian (sesuai urutan dari kiri), kemudian penjumlahan dan pengurangan.
    4. Jika terdapat tanda kurung dalam operasi hitung (apapun tandanya), maka operasi di dalam tanda kurung harus dikerjakan terlebih dahulu.


    -34 + 85 - (-14) = ...

    Ingat!

    ( - ) bertemu ( - ) hasilnya positif


    Maka:

    -34 + 85 - (-14)

    = -34 + 85 + 14 → kerjakan urut dari kiri

    = 51 + 14

    = 65

    6.

    Hasil dari 15×(14+15)\frac{1}{5}\times\left(\frac{1}{4}+\frac{1}{5}\right) adalah ...

    A

    920\frac{9}{20}

    B

    9100\frac{9}{100}

    C

    720\frac{7}{20}

    D

    7100\frac{7}{100}

    Pembahasan:

    = 15×(14+15)\frac{1}{5}\times\left(\frac{1}{4}+\frac{1}{5}\right)

    Dikerjakan didalam kurung terlebih dahulu

    Penjumlahan pecahan disamakan penyebutnya dengan mencari KPK dari 4 dan 5 yaitu 20.

    = 15×(1×54×5+1×45×4)\frac{1}{5}\times\left(\frac{1\times5}{4\times5}+\frac{1\times4}{5\times4}\right)

    = 15×((5+4)20)\frac{1}{5}\times\left(\frac{\left(5+4\right)}{20}\right)

    = 15×920\frac{1}{5}\times\frac{9}{20}

    = 9100\frac{9}{100}

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Hasil dari 45×9÷(1.1241.079)+45×7=...45\times9\div\left(1.124-1.079\right)+45\times7=...

    A

    322

    B

    324

    C

    378

    D

    396

    Pembahasan:

    Pengetahuan prasyarat :

    Urutan pengerjaan dalam operasi hitung campuran :

    1. Di dalam kurung ( )
    2. Perkalian dan pembagian, dikerjakan dari kiri terlebih dahulu
    3. Penjumlahan dan pengurangan, dikerjakan dari kiri terlebih dahulu

    Jadi :

    = (1.1241.079)=45\left(1.124-1.079\right)=45 -> kerjakan didalam kurung terlebih dahulu

    = 45×9=40545\times9=405 -> kemudian kerjakan perkalian

    = 405÷45=9405\div45=9 --> kemudian kerjakan pembagian

    = 45×7=31545\times7=315 -> kerjakan perkalian

    jadi hasilnya = 9+315=3249+315=324

    8.

    Hasil dari 28.615+7.308÷36×1514.674= ...28.615+7.308\div36\times15-14.674=\ ...

    A

    14.286

    B

    16.986

    C

    17.086

    D

    17.986

    Pembahasan:

    Pengetahuan prasyarat :

    Urutan pengerjaan dalam operasi hitung campuran :

    1. Di dalam kurung ( )
    2. Perkalian dan pembagian, dikerjakan dari kiri terlebih dahulu
    3. Penjumlahan dan pengurangan, dikerjakan dari kiri terlebih dahulu

    Jadi :

    = 7.308÷36=2037.308\div36=203 ---> dikerjakan terlebih dahulu

    = 203×15=3.045203\times15=3.045

    = 28.615+3.04514.67428.615+3.045-14.674

    =16.986

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Ayah membawa 4 keranjang jeruk yang masing-masing berisi 50 buah. Jeruk tersebut akan dibagikan kepada 3 orang tetangga dengan jumlah masing-masing 35 buah, 60 buah dan 70 buah. Sisa jeruk ayah adalah ... buah

    A

    20

    B

    25

    C

    30

    D

    35

    Pembahasan:

    Diketahui : Jeruk = 4 keranjang, isi setiap keranjang = 50 buah

    Ditanyakan : Sisa jeruk setelah dibagikan?

    Jawab:

    Total jeruk = 4×50=2004\times50=200 buah

    Total yang diberikan kepada 3 orang tetangga :

    = 30+65+70=16530+65+70=165 buah

    Sisa jeruk ayah = 200165=35200-165=35


    Atau bisa dikerjakan dengan mengubah soal cerita menjadi kalimat matematika :

    Sisa jeruk ayah :

    = 4×50(30+65+70)4\times50-\left(30+65+70\right)

    = 200165200-165

    = 35 buah


    Jadi sisa jeruk ayah adalah 35 buah

    10.

    Di toko Pak Aris tersedia 28 karung beras. Setiap karung beratnya 25 kg. Jika beras Pak Aris dijual 340 kg, dan sisanya dikirim kepada 9 pelanggan masing-masing menerima sama banyak, maka setiap pelanggan mendapat beras ... kg

    A

    30

    B

    40

    C

    50

    D

    60

    Pembahasan:

    Diketahui :

    Beras = 28 karung, 1 karung = 25 kg

    Dijual = 340 kg


    Ditanyakan : beras yang didapat setiap pelanggan?

    Jawab:

    Total beras = 28×25=70028\times25=700 kg

    Dijual 340 kg, sisa beras = 700340=360700-340=360 kg

    Sisa beras dikirim kepada 9 pelanggan maka,

    Setiap pelanggan = 3609=40\frac{360}{9}=40 kg


    Atau bisa juga dicari dengan mengubah soal cerita menjadi kalimat matematika:

    = (28×25340)÷9\left(28\times25-340\right)\div9

    = 360÷9=40360\div9=40 kg


    Jadi setiap pelanggan mendapat beras sebanyak 40 kg

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis